Senin, 02 Januari 2012




PROPOSAL









Sistem Informasi Pelanggan untuk Pembuatan Rekening
Pada Dinas PDAM Kudus



Disusun Oleh :
                                    Nama                          :  muhammad ichsan budiyat
                                    NIM                            :  2011 53 080
                                    Program Studi           :  Sistem Informasi
                                    Fakultas                     :  Tektik




 

SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
KUDUS
2011




1.      Judul PKL
" Sistem Informasi Pelanggan untuk Pembuatan Rekening pada Dinas PDAM Kudus "

2.      Latar Belakang Masalah
Semakin meningkatnya tingkat kesulitan dan terbatasnya waktu yang tersedia dalam pengolahan data untuk mendapatkan informasi yang cepat dan akurat, serta semakin kompleksnya permasalahan yang muncul mendorong manusia mencari solusi atas kesulitan tersebut. Teknologi pengolahan data dibutuhkan untuk mempermudah user atau pengguna serta mengatasi masalah dalam menghasilkan informasi. Seiring berkembangnya teknologi, semakin banyak solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan pengolahan data sehingga menghasilkan informasi yang akurat dan cepat serta mempermudah user atau pengguna, yakni sistem informasi.
Kemajuan teknologi terkini adalah penggabungan antara teknologi komputer, teknologi komunikasi dan pemrograman. Teknologi komputer berhubungan dengan pemanfaatan fasilitas input data dan output informasi, pemrograman sebagai penyedia fasilitas pengolahan data sehingga menjadi informasi, dan teknologi infomasi berkaitan dengan komunikasi antar user atau pengguna sehingga dapat saling berkomunikasi atau berbagi data dan informasi.
Penulis mengambil judul ”Sistem Informasi Pelanggan untuk pembuatan Rekening” karena penulis tertarik dan ingin mengetahui paling tidak sebagian sistem informasi pelanggan multi-user yang dipakai di instansi tempat penulis melaksanakan kerja praktek. Sistem multi user tersebut dipakai oleh seluruh bagian yang berhubungan dengan inputan data hingga pembayaran. Untuk kedepan penulis agar lebih memahami guna menambah wawasan mengenai sistem multi user.
Pada semester I dan II yang lalu penulis telah mendapatkan pengetahuan secara garis besar mengenai dasar konsep sistem informasi, yakni dalam mata kuliah Konsep Sistem Informasi. Dan pada semester-semester selanjutnya secara bertahap penulis mendapatkan wawasan-wawasan lain yang melengkapi pengetahuan sebelumnya melalui mata kuliah - mata kuliah yang penulis dapatkan sampai pada semester VI ini.

3.      Perumusan Masalah
Sistem Informasi Pelanggan multi user yang digunakan untuk pembuatan rekening pada Dinas PDAM Kudus telah bermanfaat dengan baik untuk membantu dalam proses pembuatan rekening. Tetapi semakin meningkatnya kebutuhan akan informasi yang mudah dan akurat, sistem yang ada harus dimaksimalkan agar dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan. Oleh karena itu penulis mencoba menganalisa sistem informasi pelanggan tersebut untuk selanjutnya dapat merancang suatu solusi yang mungkin dapat diterapkan dan membahas masalah tersebut dalam laporan Kerja praktek ini.

4.      Batasan Masalah
Masalah mengenai sistem informasi pelanggan untuk pembuatan rekening yang akan penulis bahas dalam laporan ini hanya terbatas pada analisa proses pembuatan rekening air, yakni meliputi input data hasil pembacaan meter, penghitungan rekening yang harus dibayar, output data pelanggan yang harus membayar rekening air (berupa cetakan rekening air), hingga penerimaan penagihan.
Sedangkan data-data yang dianalisa meliputi :
    1. Data pelanggan
    2. Data meter air (pemakaian)
    3. Data rekening air.

5.      Tujuan dan Manfaat PKL
5.1. Tujuan
Kerja praktek bertujuan menghasilkan suatu analisa proses atau tahapan pembuatan rekening air pada Dinas PDAM Kudus.
5.2. Manfaat
Kerja Praktek bermanfaat untuk memberikan kesempatan kepada Mahasiswa:
1.      Mendapatkan pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja, serta surat keterangan kerja (referensi) dari Instansi.
2.      Lebih dapat memahami konsep-konsep non akademis dan non teknis di dunia kerja yang nyata tetapi tidak terbatas pada: “hubungan atasan-bawahan”, “hubungan sesama kolega”, “dead-line”, “ketidakpastian dan ketidakkonsistenan spesifikasi”, “penerapan lapangan yang terkadang tidak sesuai dengan teori akademis”.
3.      Menambah pengetahuan dan wawasan bagi mahasiswa dalam bidang teknologi informasi, khususnya dalam bidang pengelolaan sistem informasi.
4.      Membuka jalur komunikasi antara mahasiswa dan perusahaan.
5.      Untuk memberikan gambaran bagi mahasiswa tentang keadaan dunia kerja yang akan dijalani nantinya.
6.      Membandingkan teori yang diperoleh di bangku kuliah dengan praktek nyata di lapangan.

6.      Tinjauan Pustaka
6.1. Pengertian Sistem
Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu. (Jogiyanto HM, 1999).
6.2. Pengertian Informasi

7.      Metodologi Penelitian
7.1.     Objek PKL
Nama Instansi   :  Dinas PDAM Kudus
Alamat              :  Komplek Perkantoran Jl. Mejobo No. 34 Kudus
Telepon             :  (0291) 439232
7.2.      Metode Pengumpulan Data
         Untuk mendapatkan data yang benar-benar akurat, relevan, valid (sahih) dan reliable maka penulis mengumpulkan sumber data dengan cara :
7.2.1.      Sumber Data Primer
                           Adalah data yang diperoleh langsung dari Instansi baik melalui pengamatan maupun pencatatan terhadap obyek penelitian. Meliputi :
               a. Observasi
                           Pengumpulan data melalui pengamatan dan pencatatan terhadap gejala/peristiwa yang diselidiki pada objek penelitian secara langsung. Misalnya, data pemakaian meter air yang digunakan untuk membuat rekening air.
               b. Wawancara
                           Pengumpulan data melalui tatap muka dan tanya jawab langsung dengan sumber data atau pihak-pihak yang berkepentingan yang berhubungan dengan penelitian. Misalnya, mengenai data-data yang dibutuhkan dalam pembuatan rekening, penulis melakukan wawancara kepada penyelia.
7.2.2.      Sumber Data Sekunder
                           Adalah data yang diambil secara tidak langsung dari objek penelitian. Data ini diperoleh dari buku–buku, dokumentasi, dan literatur–literatur. Meliputi :                        
               a.  Studi Kepustakaan
               Pengumpulan data dari buku–buku yang sesuai dengan  tema permasalahan. Misalnya, pengumpulan teori-teori mengenai analisa dan desain untuk penyusunan laporan Kerja praktek.
b.  Studi Dokumentasi
                  Pengumpulan data dari literatur–literatur dan dokumentasi dari Internet, diktat, dan/atau  sumber informasi lain. Misalnya, data rekening, penulis peroleh dari dokumen form output rekening
8.      Relevansi
Laporan PKL ini dapat dikembangkan menjadi lebih berguna, yaitu dapat digunakan sebagai penunjang sistem informasi yang berjalan pada instansi.

9.      Jadwal Kegiatan
Kegiatan
Bulan
Pebruari
Maret
April
Mei
Juni
Juli
Pelaksanaan PKL
























Proposal Laporan PKL
























Pengajuan BAB I
























Pengajuan BAB II
























Pengajuan BAB III
























Pengajuan BAB IV
























Seminar
























Keterangan :
1.      Pelaksanaan PKL
PKL telah dilaksanakan pada tanggal 18 Pebruari 2008 – 29 Maret 2008.
2.      Proposal Laporan PKL
   Pembuatan proposal dilaksanakan pada awal April 2008.
3.            Bab I Pendahuluan
Pada bab ini dilakukan penyusunan latar belakang masalah, perumusan masalah, pembatasan masalah, tujuan praktek kerja lapangan, dan gambaran umum instansi.
4.            Bab II Rincian Praktek Kerja Lapangan
Pada bab ini dilakukan penyusunan pelaksanaan praktek kerja lapangan, rincian dan penjelasan log harian, dan perubahan kerangka acuan.
5.            Bab III Analisis dan Perancangan
Pada bab ini memberikan uraian mengenai analisa masalah, teori yang digunakan, dan penyelesaian masalah / perancangan sistem.
6.            Bab IV Penutup
   Pada bab ini berisi kesimpulan dan saran.
7.            Seminar

10.  Daftar Pustaka
Jogiyanto HM, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Andi Offset, Yogyakarta, 1999
Supriyono,  Buku Panduan Kerja Praktek, Universitas Muria Kudus Fakultas Teknik Program Studi Sistem Informasi, 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar