Selasa, 03 Januari 2012

makalah agama/sabar


KATA PENGANTAR


Assalamu’alaikum Wr Wb

Dengan mengucap puji syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT ,yang telah melimpahkan segala rahmat dan hidayah –Nya kepada saya sehinggasaya dapat mengyelesaikan tugas makalah agama yang berjudul “SABAR”.Dalam makalah ini membahas tentang arti sabar,tingkatan sabar dan lain sebagainya.
            Makalah ini saya susun disamping untuk melengkapi sebagian tugas akhir semester 1 agama,juga untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang sabar.
            Saya menyadari bahwa makalah saya jauh dari kata sempurna,untuk itu saya mengharapkan kritik dan saranyang bersifat membangun untuk sedikit menyempurnakan makalah saya berikutnya. Saya berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi semua kalangan.
            Akhir kata,saya mengucapkan terimakasiih kepada semua pihak yang telah membantu dalm penyusunan makalah ini.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb





Kudus,     Desember 2011




                                                                                               Muhammad Ichsan Budiyat


PENDAHULUAN


LATAR BELAKANG


Bismillahirrohmanirrohiim

Assalamu’alaikum Wr Wb

.Pertama – tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kepada AllahSWT atas berkah yang diberikan pada saya semua sehingga saya dapat menyelesaikantugas membuat makalah agama yang berjudul sabar.Pada zaman modern ini agama seolah – olah ditinggalkan para penganutnya, agamahanya sebatas tulisan yang tercetak dalam KTP. Padahal agama mengajarkan nilai – nilaidan norma – norma yang mendukung manusia dalam berperilaku yang baik dan benar,salah satunya adalah sifat sabar.Hidup di dunia adalah ujian bagi semua umat manusia. Untuk menghadapi ujian tersebut diperlukan akhlak – akhlaq mulia seperti. Banyak umatsekarang ini yang kurang sabar dalam menghadapi cobaan yang diberikan Allah dalam hidupnya, sehingga ia putus asa dalam menghadapinya. Kurangnya rasa sabar yang dimiliki terkadang membuat kita mudah putus asa. Dalam kesempatan kali inikelompok kami akan membahas akhlak sabar.





Wassalamu’alaikum Wr. Wb




PEMBAHASAN

1.     PENGERTIAN

Secara etimologi,sabar (ash-shabar) berarti menahan dan mengekang (al-habs waal-kuf). Secara terminologis sabar berarti menahan diri dari segala sesuatu yang tidak disukai karena mengharap ridha Allah.Yang tidak di sukai itu tidak selamanya terdiri darihal-hal yang tidak di senangi seperti musibah kematian,sakit,kelaparan dan sebagainya,tapi juga bisa berupa hal-hal yang di senangi. Sabar dalam hal ini berarti menahan dan mengekang diri dari memperturutkan hawa nafsu. Dalam ensiklopedi islam dijelaskan bahwa yang di maksud sabar ialah Menahan diri dalam menanggung suatu penderitaa,baik dalam menemukan sesuatu yan tidak di ingini ataupun dalam bentuk kehilangan sesuatu 
yang disenangi.imam Al-ghazali mengatakan bahwa sabar adalahsuatu kondisi mental dalam mengendalikan nafsu yang tumbuhnya atas dorongan ajaranislam.Dengan kata lain sabar ialah tetap tegaknya dorongan agama berhadapan dengan dorongan  hawa  nafsu. Dorongan agama ialah hidayah Allah kepada manusia untuk mengenal Allah, Rasul serta mengamalkan ajaran-Nya. Sedangkan dorongan hawa nafsu  ialah tuntutan syahwat dan keinginan-keinginan rendah yang minta dilaksanakan.Menurut M.Jamaluddin barang siapa yang tegak bertahan sehingga dapat menundukkan dorongan  hawa nafsu secara terus menerus maka orang tersebut termasuk golongan orang yang sabar.

2.     Tingkatan Sabar

Berpijak dari pengertian sabar menurut Al-Ghazali di atas,maka upaya manusiauntuk bersabar dapat di golongkan dalam tiga tingkatan,yaitu:
1)Orang yang sanggup mengalahkan hawa nafsunya,karena mempunyai daya juang dankesabaran yang tinggi.
2)Orang yang kalah oleh hawa nafsunya.
3)Orang yang mempunyai daya tahan terhadap dorongan nafsu, tetapi suatu ketika iakalah, karena besarnya dorongan nafsu. Meskipun demikian, ia bangun lagi dan terustetap bertahan dengan sabar atas dorongan nafsu tersebut.
Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abi Ad-Dunia, Nabi Muhammad SAW membagi sabar menjadi tiga tingkatan,yaitu:
1)Kesabaran dalam menghadapi musibah
2)Kesabaran dalam mematuhi perintah Allah SWT, dan
3)Kesabaran diri untuk tidak melakukan maksiat. 
3.  Macam-Macam Sabar

Menurut Yusuf Al-Qardhawi dalam bukunya Ash-Shabrfi Al-Qur’an,sabar dapatdi bagi menjadi enam macam:1)Sabar menerima cobaan hidupCobaan hidup, baik fisik maupun non fisik, akan menimpa semua orang baik berupalapar, haus, sakit, rasa takut, kehilangan orang-orang yang di cintai, kerugian harta bendadan lain sebagainya. Cobaan seperti itu bersifat alami, manusiawi, oleh sebab itu tidak ada seorang pun yang dapat menghindar.Yang diperlukan adalah menerimanya dengan penuh kesabaran, seraya memulangkan segala sesuatunya kepada Allah SWT.2)Sabar dari Keinginan Hawa NafsuHawa nafsu menginginkan segala macam kenikmatan hidup,kesenangan dan kemegahandunia. Untuk mengendalikan segala keinginan itu di butuhkan kesabaran. Jangan sampaisemua kesenangan hidup dunia itu membuat orang lupa diri apa lagi lupa Tuhan.3)Sabar Dalam Taat Kepada Allah SWTDalam menaati perintah Allah, terutama dalam beribadah kepada-Nya di perlukankesabaran.4)Sabar Dalam BerdakwahJalan dakwah adalah jalan panjang berliku-liku yang penuh dengan segala onak dan duri.Seseorang yang melalui jalan iti harus memiliki kesabaran.5)Sabar Dalam PerangDalam peperangan sangat di perlukan kesabaran, apalagi menghadapi musuh yang lebih banyak atau lebih kuat. Dalam keadaan terdesak sekali pun, seorang prajurit Islam tidak  boleh lari meninggalkan medan perang, kecuali sebagai bagian dari siasat perang ( QS.Al-Anfal 15-16 ).

6)Sabar Dalam PergaulanDalam pergaulan sesama manusia baik antara suami isteri, antara orang tua dengan anak,antara tetangga dengan tetangga, antara guru dan murid, atau dalam masyarakat yanglebih luas, akan ditemui hal-hal yang tidak menyenangkan atau menyinggung perasaan.Oleh sebab itu dalam pergaulan sehari-hari di butuhkan kesabaran sehingga tidak cepatmarah, atau memutuskan hubungan apabila menemui hal-hal yang tidak di sukai.

4.           Keutamaan Sabar

Sifat sabar dalam Islam menempati posisi yang istimewa.Al-Qur’an mengaitkansifat sabar dengan bermacam-macam sifat mulia lainnya. Antara lain di kaitkan dengankeyakinan, syukur, tawakkal, dan taqwa.mengaitkan satu sifat dengan banyak sifat mulialainnya menunjukkan betapa istimewanya sifat itu.Karena sabar merupakan sifat muliayang istimewa, tentu dengan sendirinya orang-orang yang sabar juga menempati posisiyang istimewa. Sifat sabar memang sangat di butuhkan sekali unyuk mencapaikesuksesan dunia dan akhirat. Seorang mahasiswa tidak akan berhasil mencapai gelar kesarjanaan tanpa sifat sabar dalam belajar. Seorang peneliti tidak akan dapatmenemukan penemuan-penemuan ilmiah tanpa ada sifat sabar dalam penelitiannya.









5.           Imbalan Orang Yang Sabar

1)Dapat berdampingan dengan Allah
2)Memperoleh berita yang menyenangkan
3)Bertemu dengan Allah dalam keadaan tidak berdosa
4)Di beri pahala yang berlipat
5)Terbebaskan dari siksa api neraka
6)Di cintai oleh Allah















PENUTUP
1. Kesimpulan
Sabar berarti menahan diri dari segala sesuatu yang tidak di sukai karena mengharapridha Allah.Yang tidak di sukai itu tidak selamanya terdiri dari hal-hal yang tidak disenangi seperti musibah kematian,sakit,kelaparan dan sebagainya.
a.     Tingkatan Sabar
1)Orang yang sanggup mengalahkan hawa nafsunya,karena mempunyai daya juangdan kesabaran yang tinggi.
2)Orang yang kalah oleh hawa nafsunya.
3)Orang yang mempunyai daya tahan terhadap dorongan nafsu,tetapi suatu ketika iakalah,karena besarnya dorongan nafsu.Meskipun demikian,ia bangun lagi danterus tetap bertahan dengan sabar atas dorongan nafsu tersebut.
b.    Macam-Macam Sabar
1)Sabar menerima cobaan hidup
2)Sabar Dari Keinginan Hawa Nafsu
3)Sabar Dalam Taat Kepada Allah SWT
4)Sabar Dalam Berdakwah
5)Sabar Dalam Perang
6)Sabar Dalam Pergaulansyukur adalah memuji si pemberi nikmat atas kebaikan yang telah dilakukan-NYA.Tiga hal yang di sebut syukur :
1)mengakui nikmat dalam batin
2)Membicarakannnya secara lahir 
3)Menjadikannya sebagai sarana untuk taat kepada Allah




2. Saran

Bagi setiap manusia alangkah baiknya kita menanamkan benih kesabaran di setiap hari hari kita,karna sabar itu indah,dan sabar adalah sesuatu yang sangat di milyakan allah swt,dan sabar sangat mulia di mata allah swt.


















DAFTAR PUSTAKA

Alqur’anul Karim
http://mikir.sendiri.co.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar