Selasa, 03 Januari 2012

sistem informasi parkir kampus


PENDAHULUAN
Latar Belakang
Kampus memiliki kegiatan manajemen, baik yang berkaitan dengan sumber daya manusia, keuangan, dan juga kegiatan. Jumlah dan perubahan data yang berlangsung secara rutin atau tak tentu memerlukan pengelolaan.
Kegiatan manajemen parkir di kampus pada umumnya meliputi:
- pendataan kendaraan yang merekam informasi tentang anggota kendaraan yang sudah terdaftar, no polisi dan no member dari sistem informasi tersebut.
- kegiatan parkir yang merekam kendaraan dalam sistem informasi ini
- Manajemen kendaraan di kampus ini merekap kendaraan kapan masuk dan keluar baik tamu, karyawan, dan mahasiswa kampus.
Kegiatan manajemen diatas menghasilkan dan memerlukan dukungan data dan informasi yang tidak sedikit jumlah dan ragamnya. Untuk itu penggunaan dan pemanfaatan perangkat lunak komputer diperlukan.








Pokok pembahasan
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah:
1. Bagaimana sistem informasi yang dibangun dapat menjawab kebutuhan informasi yang berkenaan dengan pendataan kendaraan, pengelolaan kendaraan dan kegiatan parkir di kampusl.
2. Bagaimana sistem informasi kendaraan ini menyajikan laporan statistik yang berkenaan dengan banyaknya kendaraan dalam selang waktu tertentu.
Tujuan Penelitian
1. Membangun sistem informasi yang dapat diimplementasikan di kampus yang memiliki aturan dan manajemen yang serupa.
2. Membangun sistem informasi yang dapat digunakan oleh kampus dengan mempertimbangkan kemampuan lembaga dan sumber daya manusianya.
3. Demi terciptanya keamanan dan ketertiban dalam berkendaraan dikampus.









Tinjauan Pustaka
- Sistem Informasi Manajemen
Informasi dapat diibaratkan sebagai darah yang mengalir di dalam tubuh manusia, seperti halnya informasi di dalam sebuah lembaga yang sangat penting untuk mendukung kelangsungan perkembangannya, sehingga terdapat alasan bahwa informasi sangat dibutuhkan bagi sebuah lembaga. Akibat bila kurang mendapatkan informasi, dalam waktu tertentu lembaga akan mengalami ketidakmampuan mengontrol sumber daya, sehingga dalam mengambil keputusan-keputusan strategis sangat terganggu, yang pada akhirnya akan mengalami kekalahan dalam bersaing dengan lingkungan pesaingnya. Disamping itu, sistem informasi yang dimiliki seringkali tidak dapat bekerja dengan baik.
Masalah utamanya adalah bahwa sistem informasi tersebut terlalu banyak informasi yang tidak bermanfaat atau berarti (sistem terlalu banyak data). Memahami konsep dasar informasi adalah sangat penting (vital) dalam mendesain effective business system). Menyiapkan langkah atau metode dalam menyediakan informasi yang berkualitas adalah tujuan dalam mendesain sistem baru.
Sebuah lembaga mengadakan transaksi-transaksi yang harus diolah agar bisa menjalankan kegiatannya sehari-hari. Daftar kendaraan, keluar masuk kendaraan atas perkiraan yang harus dibutuhkan, semua ini dan hal-hal lainnya adalah kegiatan pengolahan data dan harus dianggap bersifat pekerjaan juru tulis yang mengikuti suatu prosedur standar tertentu. Komputer bermanfaat untuk tugas-tugas pengolahan data semacam ini, tetapi sebuah sistem informasi menajemen melakasanakan pula tugas-tugas lain dan lebih dari sekedar sistem pengolahan
data. Adalah sistem pengolahan informasi yang menerapkan kemampuan komputer untuk menyajikan informasi bagi manajemen dan bagi pengambilan keputusan.
Sistem informasi manajeman digambarkan sebagai sebuah bangunan piramida dimana lapisan dasarnya terdiri dari informasi, penjelasan transaksi, penjelasan status, dan sebagainya. Lapisan berikutnya terdiri dari sumber-sumber.
Informasi dalam mendukung operasi manajemen sehari-hari. Lapisan keriga terdiri dair sumber daya sistem informasi untuk membantu perencanaan taktis dan pengambilan keputusan untuk pengendalian manajemen. Lapisan puncak terdiri dari sumber daya informasi utnuk mendukung perencanaan dan perumusan kebijakan oleh tingkat manajemen.
Definisi sebuah sistem informasi manajemen, istilah yang umum dikenal orang adalah sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu (intregeted) untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Sistem ini menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer, prosedur pedoman, model manajemen dan keputusan, dan sebuah “data base”.
Spesifikasi Sistem :
Sistem informasi yang dibangun akan memiliki spesifikasi sebagai berikut :
1. Spesifikasi perangkat lunak :
- bahasa pemrograman
- tools
- sistem operasi
2. Spesifikasi perangkat keras
- Kapasitas memory (harddisk) 20 gbyte
- RAM 256MB
- Processor Pentium 4
- Monitor 14 inch
- dsb
3. Spesifikasi aplikasi (sistem informasi)
- mampu menyajikan laporan statistik kendaraan yang masuk dan keluar kampus dalam waktu tertentu.
- menyajikan fasilitas pencarian terhadap informasi kendaraan berdasarkan no polisi.

Jadwal Pelaksanaan

No.
Rincian Aktifitas Pembiayaan
Biaya


1
Honorarium
Rp. 15.150.000,-
2
Alat-alat
Rp. 20.435.600,-
3
Bahan
Rp. 4.500.000,-
4
Perjalanan
Rp. 3.000.000,-
5
Laporan Penelitian
Rp. 500.000,-
6
Biaya tak terduga
Rp. 2.500.000,-
Total Biaya
Rp. 46.085.600,-


Peranan dan Tanggung Jawab NO
Nama
Peranan
Tanggung Jawab
1
Ketua Peneliti
Mengkoordinir seluruh kegiatan penelitian
2
Anggota Peneliti
Observatoris
3
Teknisi/Laboran
Mengecek data hasil penelitian
4
Tenaga Administrasi
Mengatur pengadministrasian dalam pelaksanaan penelitian

KESIMPULAN

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar