Selasa, 03 Januari 2012

sistem informasi perpus

1
PROPOSAL
SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN
NAMA : Muhammad ichsan budiyat
KELAS : 1B
NIM : 2011-53-080
SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2012
2
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah Perpustakaan adalah suatu tempat, gedung atau ruangan untuk menyimpan buku-buku dan bahan bacaan lainnya yang diorganisasikan dan diadministrasikan untuk bacaan, konsultasi dan studi. Perpustakaan di SLTP FUTUHIYYAH MRANGGEN merupakan perpustakaan yang mengkhususkan diri dalam menyediakan buku-buku pelajaran dan buku pengetahuan lainnya. Semua siswa/i diwajibkan menjadi anggota perpustakaan. Proses-proses yang dilakukan saat ini masih manual hal tersebut menyebabkan lambatnya dalam pencarian data, layanan sirkulasi maupun pembuatan laporan. Untuk memenuhi pelayanan yang baik dan efisien terhadap para anggotanya, perpustakaan memerlukan suatu sistem informasi yang dapat membantu para anggota dalam mencari informasi/referensi tentang data-data buku yang diperlukan. Suatu perpustakaan juga membutuhkan suatu sistem untuk mengumpulkan data, mengolah data, menyimpan data, melihat kembali data dan menyalurkan infomasi yang baik, salah satunya adalah memiliki keakuratan data yang tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, usaha yang harus dilakukan perpustakaan adalah pemanfaatan teknologi informasi seperti komputer beserta program-program aplikasi lainnya disamping peningkatan sumber daya manusia dan peningkatan sistem.
3
Hal tersebut diharapkan dapat memperbanyak jumlah anggota. Selain itu juga dapat membantu petugas perpustakaan dalam pengolahan data dan penyusunan laporan secara cepat dan akurat. Melihat permasalahan diatas maka penyusun tertarik untuk membuat suatu laporan tugas akhir dengan judul “Sistem Informasi Perpustakaan Di SLTP FUTUHIYYAH MRANGGEN”. 1.2. Identifikasi Masalah Untuk memperjelas permasalahan yang timbul maka saya mencoba memformulasikannya ke dalam bentuk perumusan masalah. Berikut ini akan diuraikan tentang hal-hal yang menjadi penyebab timbulnya masalah yang dapat menimbulkan kebutuhan untuk merancang sistem baru :
a. Pada proses sirkulasi (peminjaman dan pengembalian), pendaftaran anggota dan penelusuran buku masih dilakukan secara manual, sehingga menyebabkan kurang cepat dan kurang akurat di dalam proses pelayanan terhadap anggota, pembuatan laporan dan kegiatan lainnya yang saling berhubungan.
b. Masih banyak penyimpanan data yang tidak teratur dan terdapatnya beberapa data yang sama (redundancy).
c. Membutuhkan beberapa tempat untuk menyimpan berkas-berkas yang berbeda.
4
1.3. Batasan Masalah
Untuk memudahkan pekerjaan serta membatasi pekerjaan yang akan diselesaikan guna menghindari adanya kegiatan diluar tujuan yang akan dicapai, sehingga dalam pembuatan sistem informasi perpustakaan SLTP FUTUHIYYAH MRANGGEN diperlukan suatu batasan masalah. Adapun batasan masalahnya adalah sebagai berikut: 1. Pendaftaran Anggota Proses yang dilakukan untuk memasukkan data calon anggota. 2. Proses Sirkulasi, bagian ini hanya mencakup:
a. Peminjaman
Pada proses ini hanya mencakup peminjaman buku yang dilakukan oleh anggota sesuai dengan persyaratan peminjaman.
b. Pengembalian
Pada proses ini hanya mencakup penanganan pengembalian buku secara utuh (tidak mencakup pengembalian buku dalam keadaan rusak atau hilang). 3. Pendaftaran Buku Proses yang dilakukan untuk memasukkan data buku baru (buku sudah melalui proses pengklasifikasian dan pengkodean) 3. Proses Penelusuran Buku Penelusuran buku hanya berdasarkan judul buku. Apabila siswa tidak menemukan buku pada raknya dapat menanyakannya kepada petugas. 4. Proses Pembuatan Laporan a. Laporan anggota per tahun
5
b. Laporan buku per semester c. Laporan sirkulasi per bulan 1.4. Maksud dan Tujuan Penelitian Adapun maksud dari penelitian yaitu :
1. Untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah
2. Membuat aplikasi sistem informasi perpustakaan sehingga diharapkan dapat menghasilkan laporan-laporan yang lebih baik dan informasi yang lebih akurat
Sedangkan tujuan dari penelitian tersebut adalah sebagai berikut :
1. Dengan sistem yang baru maka proses sirkulasi dan proses penelusuran dapat dilakukan secara cepat, tepat, akurat dan menekan kesalahan sekecil mungkin
2. Memanfaatkan teknologi informasi secara maksimal
3. Sistem mampu memberikan pelayanan yang lebih baik yang akhirnya dapat memuaskan para anggota dan petugas perpustakaan
1.5. Metode Penelitian 1.5.1. Teknik Pengumpulan Data Cara yang dilakukan untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan yang selanjutnya data tersebut diolah dan dianalisa secara logis dimana data-data tersebut akan menjadi masukan dalam perancangan sistem. 1.5.1.1. Penelitian Kepustakaan
6
a. Quatasi, yaitu pengambilan sumber data pustaka tanpa mengubah kata-kata asli dari penulis atau pengarang sumber data yang bersangkutan. b. Parphase, yaitu mengutip dari suatu bacaan dengan menggunakan kata-kata sendiri. c. Summari, yaitu pengambilan data pustaka dengan memendekan atau meringkas dengan menggunakan kata-kata sendiri. 1.5.1.2. Penelitian Lapangan Penelitian lapangan yaitu penelitian yang langsung kepada objek yang diteliti, tepatnya dilakukan di SLTP Futuhiyyah Mranggen. Penelitian dilakukan mulai dari menganalisis sistem yang ada sampai dengan perancangan sistem yang baru. Dalam hal ini penyusun menggunakan cara: a. wawancara, yaitu pengumpulan informasi dengan cara melakukan tanya jawab langsung dengan petugas perpustakaan. b. studi pustaka, yaitu salah satu teknik pengumpulan data yang diperoleh dari buku-buku perpustakaan yang mengkaji mengenai objek-objek yang akan dibahas. 1.5.2. Metodologi Kerja Sesuai dengan ruang lingkup dan batasan materi kerja yang dilakukan, maka secara garis besar tahapan-tahapan yang akan dilakukan adalah mengikuti model proses prototipe.
7
Gbr.1.1. Model Proses Prototipe [ Sumber : Rekayasa Perangkat Lunak 1st. Roger S, Presman, Mc. Graw Hill ] 1.6. Sistematika Penulisan BAB I : PENDAHULUAN Bab ini menjelaskan secara singkat mengenai latar belakang masalah, identifikasi masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan penelitian, metode penelitian, dan sistematika penulisan. BAB II : LANDASAN TEORI Bab ini menjelaskan tentang teori-teori yang mendukung dalam menyelesaikan permasalahan yang akan dibahas serta menjadi landasan dalam memecahkan masalah yang sedang dihadapi.
Mendengarkan Pelanggan
Uji Pelanggan – Mengendalikan Market
Membangun Memperbaiki Market
8
BAB III : ANALISIS SISTEM Pada bab ini akan dilakukan analisis sistem yang sedang berjalan di Perpustakaan SLTP Futuhiyyah Mranggen, yang selanjutnya dapat diperoleh suatu jalan keluar untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi oleh perpustakaan tersebut. BAB IV : PERANCANGAN SISTEM Pada bab ini akan dijelaskan mengenai perancangan sistem baru yang akan dibuat di Perpustakaan SLTP Futuhiyyah Mranggen. Adapun tahapan-tahapan dalam perancangan sistem meliputi perancangan proses, perancangan basis data, dan perancangan program. BAB V : IMPLEMENTASI Pada bab ini akan dijelaskan tentang penerapan dan cara penggunaan program yang dibuat dengan tujuan agar pengguna sistem perpustakaan ini dapat menggunakan sistem tersebut dengan baik dan benar sehingga tidak terjadi kesalahan dalam penggunaan sistem tersebut BAB VI : PENUTUP Berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan berisi ringkasan hasil implementasi dan pengujian. Sedangkan saran berisi usulan-usulan lanjut dari permasalahan yang ditinjau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar